Tuesday, December 29, 2020

Langkah Mudah Memasak Enak Apem Tape Pandan

Apem Tape Pandan. Saya suka karena teksturnya yang empuk dan wangi khas kue apem (yang berasal dari ragi dan tape singkong). Apalagi ditabur kelapa parut, tambah suukaa 😍. Tapi saya lagi tidak punya kelapa parut, jadi kue apemnya polos saja,.

Apem Tape Pandan Sebut saja untuk kue apem Jawa umumnya memiliki bentuk seperti mangkok kecil, tidak mekar dan memiliki warna-warni yang. Kue apem merupakan kue khas yang biasanya dikonsumsi menjelang atau selama bulan Ramadhan. Bukan tanpa alasan, ternyata kue apem ini punya sejarah tersendiri, loh. Ibu dapat mengolah Apem Tape Pandan dengan 9 ingredients dan 7 caranya. ikuti proses memasaknya.

Ingredients of Apem Tape Pandan

  1. Inilah dari tape matang dan lembut.
  2. Kamu perlu dari gula pasir.
  3. Siapkanlah dari santan instan.
  4. Inilah dari air juice pandan.
  5. Siapkanlah dari tep serbaguna.
  6. Inilah dari ragi instan.
  7. Siapkanlah dari Taburan :.
  8. Kamu perlu dari kelapa parut.
  9. Inilah dari garam.

Dalam filosofi Jawa, kue apem dipercaya sebagai simbol kue pengampunan manusia atas segala kesalahannya. Apem sendiri dipercaya berasal dari bahasa Arab, afuan/afuwwun yang berarti ampunan. Kue apem tape singkong adalah variasi dari kue apem yang sudah ada. Kue apem singkong ini patut anda coba buat di rumah karena memiliki cita rasa yang begitu enak, teksturnya pun begitu lembut sangat pas disantap di lidah.

Apem Tape Pandan cara membuatnya

  1. Buang sumbu tape.
  2. Siapkan blender. Masukkan semua bhn kecuali tepung. Blender sampe tercampur rata.
  3. Tuang ke wadah besar. Masukkan tepung. Aduk rata sampe ga ada yg bergerindil.
  4. Tuang ke loyang persegi 20 cm yg dioles sedikit minyak. Tutup dengan plastik. Diamkan 1 jam.
  5. Setelah 1 jam. Siapkan kukusan. Bagian tutup dibungkus kain. Setelah mendidih, kukus apem selama 35 menit dengan api sedang..
  6. Kukus kelapa 15 menit. Angkat. Beri sedikit garam. Aduk rata.
  7. Baluri apem dengan kelapa kukus.

Lihat juga resep Apem Kukus Tape Singkong enak lainnya. Jika sudah, haluskan gula pasir serta tape singkong, uleni adonan hingga semua tercampur merata. Suka makan apem tapi yg biasa saya makan yg gula merah. Di foto kelihatan banyak bahannya karena saya bikin dua resep. Saya suka karena teksturnya yang empuk dan wangi khas kue apem (yang berasal dari ragi dan tape singkong).


0 comments:

Post a Comment


Top