Sunday, September 27, 2020

Resep: Sempurna Bolu tiwul (gaplek)

Bolu tiwul (gaplek). Lihat juga resep Bolu Tiwul enak lainnya! Tiwul adalah makanan khas yang berbahan baku "singkong". Terbuat dari tepung gaplek yaitu singkong yang sudah di keringkan kemudian di tumbuk dan di masak dengan cara di kukus, biasa disajikan dengan dicampur nasi dan sambal.

Bolu tiwul (gaplek) Terbuat dari tepung gaplek yaitu singkong yang sudah di keringkan kemudian di tumbuk dan di masak dengan cara di kukus, biasa disajikan dengan dicampur nasi dan sambal. Jaman saya kecil ibuk biasa memasak tiwul untuk kemudian dibawa ke la. Gaplek atau tepung tiwul, atau tepung ubi kayu. Mommy dapat menyiapkan Bolu tiwul (gaplek) dengan 7 resep rahasia dan 4 tutorialnya. secara singkat beginilah proses mengerjakannya.

Ingredients of Bolu tiwul (gaplek)

  1. Siapkanlah dari telur.
  2. Kamu perlu dari gula merah.
  3. Siapkanlah dari tepung gaplek (tiwul).
  4. Inilah dari Vanili.
  5. Inilah dari sp/ ovalet.
  6. Siapkanlah dari santan.
  7. Kamu perlu dari Kelapa parut.

Jaman dahulu di kab wonogiri, gunung kidul, pacitan dsktrnya, bahan dasar ini di gynakan utk makanan pokok. Krn beras mahal & susah di dapat. Nah.tepung tiwul atau tepung gaplek ini jika di olah lagi.bisa jadi aneka jajanan juga lho.selain di jadiin tiwul kukus manis atau nasi tiwul. Bisa di buat aneka kue modern, seperti brownies.dll. kalau aku tetep suka yang aliran tradisional sich kalau bikin jajanan dari tiwul ini.salah satunya ya.tiwul ayu ini.atau putu ayu dari tiwul.

Bolu tiwul (gaplek) langkah-langkahnya

  1. Kukus kelapa parut terlebih dahulu sekitar 15 menit (agar Tidak cepat basi).
  2. Mixer telur sp Gula merah yang telah di serut vanili dengan kecepatan tinggi hingga putih kental berjejak.
  3. Kemudian kecilkan kecepatan mixer masukkan santan dan tepung sedikit demi sedikit, jika di rasa sudah tercampur rata langsung di bentuk dan di kukus.
  4. Tadi saya membuat kecil dan besar, selamat mencoba 🥰.

Tiwul terbuat dari tepung gaplek, yaitu singkong yang dikeringkan terlebih dahulu sampai benar-benar kering sebelum ditumbuk. Kuliner khas Indonesia ini mempunyai ciri-ciri warna kecokelatan, cita rasa manis khas singkong berpadu dengan gurihnya parutan kelapa merupakan rasa original dari tiwul itu sendiri. Advertisement Resep Gaplek Singkong Sederhana Spesial Asli Enak. Untuk membuat tepung tapioka atau tepung gaplek bahannya adalah gaplek yaitu singkong yang telah dibersihkan lalu dipotong-potong dan dikeringkan dengan cara menjemurnya di terik matahari panas pada siang hari sering juga disebut singkong kering. Ada juga yang membuat gaplek dari ubi jalar adapun cara membuat gaplek ubi jalar.


0 comments:

Post a Comment


Top